http://solidpos.id

Mandiri dalam Kemadirian

Saturday 16th December 2017

Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 Tinjau Pabrik Bata Ringan

Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 Tinjau Pabrik Bata Ringan

SolidPos, Cirebon – Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif (Ketm PPK) Kosgoro 1957, HR Agung Laksono dalam kunjungan ke wilayah Kabupaten Cirebon menyempatkan diri meninjau sebuah pabrik bata ringan di wilayah Kecamatan Palimanan. Perusahaan milik swasta ini sudah merencanakan produksi perdana dalam waktu dekat. Ikut dalam kunjungan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cirebon, Dave Akbarshah Fikarno Laksono.

Disebut bata ringan (hebel) karena material utama pembamgunan ini berbentuk seperti batubata, tetapi mempunyai bobot yang lebih ringan. Perbandingan dengan batubata konvensional yang memiliki massa jenis sekitar 2.000 kg/m3, sementara massa jenis bata ringan hanya 650 kg/m3.

Pada dasarnya, bata ringan adalah bahan bangunanyang terbuat dari campuran semen, pasir, specta foam, zat additive, air, dan bahan tambahan lain. Material ini memiliki bobot yang lebih ringan karena memanfaatkan rongga udara yang terbentuk sebagai pengisi dimensi. Setidaknya, terdapat dua macam bata ringan yang dijual di Indonesia antara lain AAC (Autoclaved Aerated Concrete) dan CLC (Cellular Lightweight Concrete).

Berbeda dengan bata ringan AAC yang diproduksi di pabrikan dan membutuhkan oven, pembuatan bata ringan CLC bisa dilakukan dalam skala industri rumahan dengan pengeringan memakai bantuan angin.

Pabrik yang ditinjau pada Sabtu (23/9) lalu, memiliki konsesi wilayah batu kapur seluas 4 hektare. Sementara produksi diolah secara mekanik dan untuk energi pabrik selain berasal dari listrik PLN juga batubara.

Untuk jaminan pasokan material semen, sudah dijajagi bekerjasama dengan Pabrik Semen terdekat. Direncanakan juga ada investor asing yg berniat membangun pabrik sejenis yang berlokasi di tepi jalan Pantura wilayah Cirebon bagian timur. *

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami untuk informasi update silahkan berlangganan newsletter kami di bawah ini

No Responses

Tinggalkan Balasan