http://solidpos.id

Mandiri dalam Kemadirian

Saturday 16th December 2017

Tanpa Hoax, Daryanto Optimis IWO Kota Bekasi Diterima Masyarakat

Tanpa Hoax, Daryanto Optimis IWO Kota Bekasi Diterima Masyarakat

SolidPos, Bekasi Timur – Maraknya pemberitaan yang mengandung unsur fitnah, menghujat, atau pembohongan publik yang sering disebut dengan istilah hoax di sejumlah media online saat ini menjadi momok yang perlu diwaspadai. Tanpa penyaring yang bijaksana, bisa jadi masyarakat bakal terprovokasi oleh berita hoax yang menjamur di dunia maya.

“Sudah jelas, berita hoax ini menimbulkan dampak negatif yang luar biasa dalam seluruh aspek kehidupan. Bukan hanya dalam bidang pemerintahan dan politik, dalam bidang agama, sosial, budaya atau yang berhubungan dengan tatanan kehidupan bermasyarakat pun akan terpengaruh dengan berita hoax yang sumbernya tidak jelas,” ujar Sekretaris Fraksi Golkar di DPRD Kota Bekasi, Daryanto, usai menghadiri deklarasi dan pengukuhan pengurus IWO Kota Bekasi, Kamis (7/9).

Daryanto sepakat jika berita hoax identik dengan upaya pembunuhan karakter karena bertujuan untuk memancing kebencian masyarakat dengan berita-berita yang mengandung unsur kebencian atau fitnah. “Jika tidak diwaspadai, maka berita hoax akan berpengaruh terhadap kepercayaan masyarakat setelah membaca berita hoax yang biasanya mengandung unsur fitnah dan kebencian,” ulasnya.

“Opini masyarakat pun akan digiring ke arah yang sifatnya negatif. Pokoknya, berita hoax ini identik dengan pembunuhan karakter,” imbuh Daryanto.

Karenanya, Daryanto menilai perlu adanya upaya dari pemerintah dan organisasi pers untuk menyaring pemberitaan dalam media online. “Bukan membatasi, tapi menyaring sebagai filter sebelum menjadi konsumsi publik,” katanya.

Secara pribadi, Daryanto menaruh harapan besar untuk terbentuknya Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Bekasi yang mengusung tekad gerakan anti hoax. “Saya berharap IWO dapat meredam maraknya berita hoax di dunia maya atau media sosial, dengan demijian masyarakat juga akan menerima kehadiran IWO,” harapnya

Secara umum, Daryanto juga berharap sesuai fungsinya, awak media dalam menyajikan informasi untuk masyarakat harus sesuai dengan fakta yang sebenarnya. “Harus real, harus menyejukkan hati. Jangan jadikan pemberitaan untuk memecah-belah, tapi pemberitaan harus menjadi jembatan pemersatu bangsa,” pungkasnya. (Mulyono)

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Terima kasih telah membaca artikel kami untuk informasi update silahkan berlangganan newsletter kami di bawah ini

No Responses

Tinggalkan Balasan